Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

penyebab AC Mati-hidup dengan sendirinya dan menyebabakan AC tidak dingin-dwijayajateknik

Ac adalah sebuah alat elektronik yang berpungsi untuk mendinginkan ruangan secara cepat,tentunya AC sama dengan halnya alat elektronik lainya yang bembutuhkan service dan perawatan,tidak bisa di pungkiri AC dapat mengalami kerusakan seperti, Ac sering mati hidup dengan sendirinya? memang kedengarannya sangat aneh ya,tapi permasalahan ini bisa terjadi kepada unit AC,karena AC memiliki komponen-komponen di dalamnya,tentunya terjadi masalah seprti AC mati hidup dengan sendirinya sangatlah menggangu bagi anda yang sedang melakukan aktipitas di dalam ruangan,bersantai maupun sedang beristirahat.karena AC yang mengalami masalah seperti mati hidup dengan sendirinya akan menyebabkan AC menjadi tidak dingin. yuk langsung saja simak tentang penyebab Ac mati hidup dengan sendirinya.

peneyebab ac mati hidup dengan sendirinya

thermistor AC yang sudah lemah atau rusak dapat menyebabkan AC mati hidup dengan sendirinya

pertama yang harus di cek adalah bagian termistor,pungsi thermistor sendiri adalah untuk memutus aliran listrik terhadap unit outdor,sebagai contoh: bila anda mengontrol tempratur suhu dalam bagian remot menjadi 21 derajat,setelah suhu di dalam ruangan anda telah mencapai suhu di 21 derajat,otomatis termistor akan memutus aliran listik terhadap mesin outdor AC tersebut,dan apabila suhu di dalam ruangan telah berubah kembali menjadi 25 drajat atau lebih,thermistor akan memerintahakn modul/fcb untuk mengalirkan listrik kembali terhadap unit outdor,dan AC akan mulai kembali bekerja untuk mendapatkan mendinginkan suhu ruangan sesuai prmintaan dari setelan temperatur remot tersebut.

AC yang mati hidup dengan sendirinya,karena di sebabkan karena thermistor yang rusak atau lemah,cenderung bisa terlihat dari mati hidup nya outdor dengan jeda yang sangat singkat,seperti setiap 5 sampai 10 menit outdor selalu mati,dan 5 menit outdor hidup kembali dan terus berulang-ulang,tentunya hal sperti ini akan menyebabkan AC tidak akan berpungsi dengan baik dan ruangan pun akan menjadi tidak dingin.selain itu AC yang kinerja nya tidak normal seperti mati hidup sendiri,bila tdak cepat diatasi bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius terhadap unit AC,Dan penggunaan energi listrik pun akan 3 kali lipat lebih boros atau bahkan bisa lebih bila di bandingkan dengan AC yang berpungsi dengan normal.

untuk mengatasi maslah Thermistor yang lemah bisa dengan mengsiasati nya dengan cara sebagai berikut: 1. mencabut bagian tembaga lalu membersihkan dengan hampelas halus di bagian kerak/karat yang menempel di bagian tembaga thermistor,setelah sudah dirasa bersih lalu tempelkan kembali bagian tembaga Thermistor ke bagian semula Eevaporator. 2. lepas tembaga thermistor yang menempel di bagian evaporator,lalu memisahkan nya supaya termistor tidak bersetuhan langsung ke evaporator. 3  bila AC masih mengalami mati hidup dengan sendiri langkah ke 3. cobalah pindahkan posisi tembaga thermistor dan menempelkannya ke bagian yang lebih dingin di bagian evaporator, dengan melakukan hal ini biasanya AC dapat berpungsi dengan normal kembali . bila masih terjadi masalah sepert AC mati hidup sendirinya sebaiknya ganti thermistor lama dengan yang baru,atau dapat meminta bantuan teknisi AC yang berpengalaman.

penyebab masalah AC mati hidup dengan sendirinya bisa terjadi karena gas preon yang kurang atau kosong. ini bisa di lihat dari adanya pembekuan di bagian pipa tembaga ke bagian outdor.pembekuan yang terjadi akan berakibat tidak akan dingin nya evaporator AC sehingga termistor tidak bisa menditek suhu dingin,sehingga AC terjadi mati hidup dengan sendirinya. untuk penanganan masalah seperti AC mati hidup dengan sendirinya di karnakan oleh gas preon yang kosong atau berkurang harus dengan mengisi ulang atau menambah gas preon kembali,bila gas preon kosong ini bisa disebabkan karena adanya kendur di bagian sambungan nevel outdor oleh getaran mesin outdor tersebut,cara mengtasinya bisa dengan mengencangkan bagian nevel outdor dengan kunci pas atau kunci inggri.setelah di pastikan nevel outdor terpasang kencang,isi kembali gas preon sesuai kapasitas AC tersebut,selain itu kosongnya gas preon bisa di sebabkan juga adanya kebocoran di unit AC atau di instalasi pipa tembaga AC,sebelum memperbaikinya di sarankan dengan mengecek semua keseluruhan unit AC dan instalasi pipa AC, bila sudah ditemukan titik pasti kebocoran bisa di perbaiki dengan Cara menambal kebocoran dengan cara di las. karena preon tidak akan habis total bila tidak adanya kebocoran di unit atau di instalasi.kami sarankan untuk melakukannya harus dengan yang Ahli dibidang nya.

Fcb/modul terkena voltase listrik yang tidak normal bisa menyebabkan AC mati hidup dengan sendirinya.permasalahan ini bisa terjadi karena adanya tegagangan listrik yang tidak setabil,listrik yang umum dipakai di masarakat kita adalah 220 vol,karna fcb/modul AC seperti AC rumah memerlukan tegangan listrik yang normal ,karna listrik yang tidak setabil akan bisa mengakibatakan modul/fcb mengalami eror seperti AC mati hidup dengan sendirinya.untuk memastikan adanya tegangan listrik yang tidak setabil bisa menggunakan alat yaitu multitester, apabila sudah di pastikan benar adanya tegangan listrik yang tidak normal di tempat anda kami sarankan untuk menghubungi ahli listrik atau bisa menghubungi langsung ke pihak PLN,karen bila tidak segera di atasi bisa berakibat buruk kepada alat elektronik lainya.setelah dilakukan perbaikan masalah listrik di tempat anda,kami sarankan juga untuk memasang alat setabiliser untuk listrik anda agar terhindar dari kerusakan langsung terhadap alat elektronik anda,untuk menjaga bila suatu saat nati tegangan listrik anda kembali tidak setabil.nah bagaimana caranya memperbaiki modul/fcb yang rusak karna tegangan listrik yang tidak normal tersebut,kerusakan ini harus dilakukan atau di perbaiki dengan ahli di bidangnya,karena untuk memperbaiki komponen yang berada di dalam modul/fcb AC hanya ahlinya yang bisa mperbaikinya.

motor fan/blower  macet atau tidak berpungsi bisa menyebabkan AC mati hidup dengan sendirinya

motor fan blower adalah alat untuk ngengsirkulasikan hembusan angin,ada 2 jenis motor fan yang terdapat di unit AC,di antaranya motor fan indor dan motor fan blower outdor,fungsi motor fan outdor adalah untuk membuang hawa panas yang terdapat pada condenssor oleh karenan itu angin yang keluar dari bagian outdor akan berasa hangat atau panas .bedanya dengan fan motor blower indor adalah untuk membuang dingin yang berada di bagian evaporator indor tersebut,dan karena itu angin yang keluar di bagian indor AC akan berasa dingin. bila motor fan indor atau outdor mengalami permasalahan macet atau tidak berpungi otomatis modul/fcb akan eror dan AC kan mengalami mati hidup dengan sendirinya. cara mengatasi fan blower macet atau tidak berpungsi bisa memperbaikinya dengan di bersihkan oleh pelumas/gemuk atau WD di bagian yang macet tersebut. motor fan blower yang tidak berpungsi atau macet bisa juga sebabkan oleh karena capasitor motor fan yang rusak.untuk mengatasi motor fan yang rusak sebaiknya menggantinya dengan yang baru sesuai kapasitas capasitor motor fan yang di butuhkan, kami sarankan untuk memperbaikinya di lakukan oleh ahli di bidangnya.

mesin compressor naik amper bisa menyebabkan AC mati hidup dengan sendirinya.

compresor Adalah bagian yang sangat penting di dalam AC tersebut,letak kompressor AC berada bagian outdor unit,compressor yang mengalami naik Amper akan mudah cepat panas dan sistem overload akan memerintahkan memutus aliran listrik ke fcb/modul,sehingga AC Akan mati hidup dengan sendirinya, hal ini bisa kita ketahui dari matinya mesin kompressor,tetapi fan blower masih tetap bekerja.untuk mengecek arus listrik compressor bisa dengan menggunakan alat clam multitester atau yang biasa kita sebut tang amper,cara memasang tang amper/claim multitester adalah memasangakn nya ke bagian kabel yang terdapat arus di bagian outdor tersebut,jangan lupa untuk meghidupkan tang amper ke posisi angka 220 vol atau 240 vol,setelah itu coba perhatikan yang terjadi di angka digital tang amper/clam multitester tersebut,sebagai contoh AC 1/2 pk batas maksimal arus amper adalah 2,5 amper,bila di cek angka amper melebihi lebih batas dari 2,5 amper otomatis comprresor AC akan panas dan berhenti bekerja,itu sebabnya AC akan mengalai mati hidup dengan sedirinya,untuk melihat arus amper sesuai pk tersebut,anda bisa melihatnya di bagian tulisan nemplet yang berada di outdor unit,untuk mengatasi masalah arus amper yang tinggi biasanya teknisi AC akan melakukan penggantian capasitor ke yang lebih rendah,sebagai contoh AC 1/2 pk memiliki capasitor yang berukuran 20uf  dan menggantinya ke yang lebih rendah yaitu 15uf,stelah dilakukan penggantian capasitor compressor,tahap berikutnya pengurasan terhadap compresor dan mengganti oli compressor dengan yang baru. untuk mengakali supaya arus amper yang tinggi menjadi normal kembali,bisa juga di lakukan dengan mengurangi  tekanan gas preon. tetapi mengurang gas preon akan menyebabkan AC tidak bisa bekerja maksimal dan menjadi AC tidak begitu dingin.sebaiknya kami sarankan bila compresor yang sudah mengalami naiknya arus amper ,baiknya anda mengganti compresor atau mengganti unit AC dengan yang baru.

setelan timer bagian remot lupa memetikanya bisa berakibat AC mati hidup dengan sendirinya.

bila Anda lupa dengan mematikan setalan timer sehingga AC mati hidup dengan sendirinya ,anda cukup mencabut colokan/seteker power listrik yang menuju ke bagian indor AC,setelah itu tunggu 2 sampai 3 menit,lalau pasangkan kembali colokan/seteker power listrik kembali semula,tidak sampai disitu anda perlu juga melepaskan batrai remot sekitar 1 sampai 2 menit,setelah batrai remot terlepas anda perlu menekan tombol-tombol remot keseluruhan,setelah itu pasangkan kembali batrai ke remot anda.bagaimana bila AC tidak memekai coclokan/seteker power listrik,caranya adalah menurunkan panel listrik yang berada di kilometer PLN anda.

peneyebab ac sering mati hidup

nah berikut ini adalah ulasa tentang penyebab AC mati hidup dengan sendirinya,dan bagaimana cara memperbaiknya,mudah-mudahan Arikel yang kami tuliskan di atas tersebut dapat bermangpaat untuk anda yang ingin mengetahui penyebab AC mati hidup dengan sendirinya,kami membuat Artikel tentang penyebab AC mati hidup dengan sendirinya berdasarkan dengan pengalamn pribadi dan masukan orang ahli bidangnya, kami sarankan untuk tida memprktekan langsung bagi anda yang tidak mempunyai kehalian kusus seperti yang kami tuliskan di atas,untuk konsultasi masalah seputar AC kami dengan senang hati kami akan membantu silahkan hubungi memalui telepon/sms/wa ke nomor 081267787472 atau bisa langsung komen di bawah ini

Posting Komentar untuk "penyebab AC Mati-hidup dengan sendirinya dan menyebabakan AC tidak dingin-dwijayajateknik"